Oleh: Gemah Putra. R
"pancasila rumah kita, rumah untuk kita semua
nilai dasar indonesia, rumah kita selamanya"
( lagu 'pancasila rumah kita' karya Franky Sahilatua)
membumikan nilai pancasila dalam tradisi politik di indonesia memang teramat sulit di lakukan, etika politik yang berdasarkan pancasila sangat sulit di jumpai dalam perilaku elit politik bangsa ini. pengutamaan syahwat kekuasaan sebagai satu-satunya alasan dalam berpolitik menjadi bagian dari cita-cita banyak elit yang terjun dalam politik. seakan menjadi bagian dari budaya politik yang terbangun dalam masyarakat politik indonesia. citra yang melekat pada setiap politisi maupun pejabat di negara ini selalu melekat predikat si tukang korupsi, kolusi dan nepotisme dan seakan jauh citra pemimpin maupun politisi seperti bermoral. semua institusi politik pun tak lepas dari citra negatif kekuasaan, mulai dari institusi yang sangat dekat dengan masyarakat seperti kepolisian, kejaksaan, kehakiman sampai RT/RW, sampai institusi representatif rakyat seperti DPR, dan DPRD. serta institusi kelembagaan yang semua itu merupakan dampak dari berlangsung lamanya tradisi kekuasaan yang sangat jauh dari nilai luhur pancasila sebagai etika politik bangsa.

Masalah kebangsaan dan keharusan kembali ke pancasila

segudang masalah kebangsaan yang di hadapi bangsa indonesia sekarang menunjukan semakin kearah sebuah negara gagal, berbagai persoalan skandal kasus korupsi hingga mega skandal korupsi menjadi semakin tidak terselesaikan oleh negara sebagai yang memiliki otoritas untuk melakukan itu, kedaulatan nasional lewat penguasaan asing terhadap aset dan sumber daya alam dan perdagangan maupun perbankan di indonesia semakin dalam dan tak terkendali. penyelewengan terhadap hukum pun menjadi bagian dari masalah mendasar bangsa ini
kembali ke pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara  menjadi suatu keharusan. pancasila hendakna tidak hanya menjadi suatu tema pidato yang hanya bisa di celotehkan oleh para tokoh bangsa tapi menghendaki adanya moral action yang konsekwen untuk membumikan pancasila. sejak di buatnya pancasila sebagai dasar bernegara dan berbangsa oleh para pendiri republik ini di harapkan dapat menjadikan pancasila sebagai wajah dalam beretika yang bisa menjadi citra indonesia, serta upaya menumbuhkan karakter nasional bangsa.

Masa depan Pancasila

pancasila merupakan ajaran yang mengandung nilai-nilai universal yang di jadikan harapan moralitas berbangsa, kesesuaian nilai-nilai pancasila dengan perkembangan zaman menunjukan pancasila tidak akan pernah hilang di telan zaman, kenyatataan masih relevannya pancasila sebagai ajaran moral dasar bangsa di tengah nihilisme moral, aktualisasi nilai-nilai pancasila menjadi kebutuhan bangsa dalam merekonstruksi kembali karakter nasional kita. membutuhkan peran semua pihak dalam upaya ini dan terutama political will dari negara untuk konsekwen menjalalanklannya. semoga pancasila masih selalu menjadi rumah kita semua.